Sekarang lagi ngetren yang namanya Vlogging, bener nggak? Nah temen-temen mungkin sudah ada yang mulai vlogging atau mungkin belum sama sekali. Nah buat yang belum sama sekali, mungkin berikut tips tips buat bikin Vlog menggunakan smartphone. Gini, mari kita mulai!

Tips 1 : Setting kamera smartphone
Kamera smartphone memiliki keterbatasan untuk video, kebanyakan smartphone sekarang seringkali dioptimalkan untuk mengambil foto, bukan video, nah kendala ketika menggunakan smartphone seringkali kita mengalami frame drop, atau gambarnya kadang suka meletat meletot dan noisenya suka parah. Nah, untuk menghindari tersebut usahakan setting kamera kamu seperti ini:
- Set ISO tidak lebih dari 300 di manual mode atau settings
- Pilih resolusi ke 720p HD, jangan 1080 FHD (ini bisa diperdebatkan, toh kalau cuma untuk youtube, jarang di indonesia yang nonton pake quality 1080p, penting nih buat ngurangin frame drop)
- Pilih video quality ke Performance, bukan Quality (terkadang pemilihan quality bisa menyebabkan frame drop)
- Matikan image stabilizer (Image stabilizer ini biang keladi video yang meletat-meletot)

Tips 2 : Shooting di outdoor atau yang memiliki cahaya cukup
Kamera smartphone meskipun memiliki apperture yang rendah untuk menangkap cahaya sebanyak mungkin, ia memiliki sensor yang sangat kecil sehingga cahaya yang didapatkan tidak begitu banyak. otomatis terjadi noise yang lebih dibandingkan dengan kamera beneran. Nah untuk mengakali hal ini sangat mudah, cukup hindari pengambilan gambar di dalam ruangan, dan lakukan di outdoor saja. Gampang kan?

Tips 3 : Gunakan Earphone!
Bingung masalah suara? Sering banget nih jadi masalah buat para vlogger, bahkan menggunakan kamera profesional sekalipun suara ini sering menjadi masalah. Nah cara mengatasinya dengang menggunakan earphone saat melakukan perekaman video, earphone bisa dilakban atau ditempel di telinga agar microphonenya lebih dekat dengan sumber suara.

Tips 4 : Sisakan ruang memori yang banyak
Video membutuhkan banyak ruang penyimpanan memori, karena file sizenya yang besar bergantung durasi yang kita rekam. Kita nggak akan tahu berapa lama kita akan melakukan perekaman ditambah juga berapa kali kita harus retake gambar. Nah, agar hal tersebut bisa diantisipasi dengan baik saat perekaman, sisakan ruang memori di dalam smartphone kamu sebanyak-banyaknya. Karena nggak enak banget lagi ngerekam tiba-tiba memori penuh. Dan untuk perekaman maksimal, gunakan memori internal, bukan SD Card.

Tips 5 : Gunakan tripod!
Tripod buat smartphone adalah perangkat wajib bagi kalian yang mau vlogging, kalau nggak ada tripod, kita bisa gunakan perangkat lain yang bisa menahan smartphone kita tetap stabil. Usahakan hindari memegang smartphone dengan tangan biasa, karena akan menjadi shaky dan video menjadi kurang sedap dipandang.

Tips 6 : Edit Menggunakan Aplikasi
Banyak sekali aplikasi untuk mengedit video, agar video kamu lebih bagus lagi, kami bisa mengedit menggunakan ASUS Mini Movie, atau kalau yang lebih advanced lagi bisa menggunakan Viva Video maupun Kinemaster Pro, cuma memang berbayar sih kalau mau menghilangkan watermarknya.

Tips 7 : Berikan background music, tapi jangan keras-keras!
Nah kesalahan umum para vlogger umumnya ada pada pengaturan suara background music yang terkadang mengalahkan suara dari si vlogger sendiri. Coba untuk dengarkan berkali-kali menggunakan earphone maupun tidak.

Sumber : Zentalk