Diantara sekian banyak aplikasi chat yang populer diantaranya adala BBM, LINE Mesenger, WA. Dan juga yang paling lama diantaranya ialah BBM namun akhir-akhir ini banyak diantara pengguna yang mulai beralih 100% ke aplikasi lain seperti Line/WA/telegram, beberapa penyebabnya diantaranya :

• Pendaftaran
Awal mulanya BBm mewajibkan pengguna mendaftar menggunakan email dan mewajibkan untuk memverifikasi melalui link di email, kebanyakan orang pengguna yang baru memakai masih belum "tahu", dan juga membutuhkan jaringan yang kuat dan stabil, sehingga dibanding aplikasi lain yang mendaftar pakai nomor saja. namun sekarang sudah bisa memakai Nomor hp, namun tetap saja dirasa masih kurang dari aplikasi lain.

• Backup
tidak bisanya membackupa chatingan juga merupakan salah satu kekurangan dari BBM, sehingga banyaknya pengguna mengeluh sehingga WA/telegram lah alternatif yang menawarkan backup keserver, selama pengaturan backup dan chat yang dibackup belum dihapus dari Hp kita.

• Stiker
Stiker di BBM belum sekeren di Line stiker dan bisa manual download/ hapus stiker untuk menyimpan di akun , yang di BBM fungsi hapus tidak tersedia sehingga hanya ada pilihan sembunyikan / pengelolaan saja, dimana secara default stiker akan di download lalu bisa di pilih mau dipakai atau disusun, yang dirasa cukup merepotkan karena tidak bisanya memilah stiker yang sudah bosan dipakai/disimpan saja untuk dipakai kemudian hari.

• Grup
Di masa sekarang aplikasi chat grup menjadi pilihan yang wajib, sayangnya BBM memiliki keterbatasan jumlah anggota yang di Wa bisa 256 bahkan telegram sampai 5.000 anggota pergrup

• Beberapa hal lain :
- Status online yang tidak real
- Aplikasi yang cukup berat
- user interface