Disc 360TB Bisa Simpan Data Jutaan Tahun - Blue Link

Free Download ~ Info ~ Etc

Ads 728x90

Disc 360TB Bisa Simpan Data Jutaan Tahun


Dimasa depan, sejarah atau kisah hidup seseorang bisa disimpan pada media penyimpanan kaca yang berpotensi bisa bertahan lebih lama dari umat manusia. Jenis memori baru juga menghasilkan spesifikasi yang luar biasa seperti kapasitas data 360TB perdisk serta kemampuan untuk bertahan dalam suhu ekstrem mencapai 1000 derajat celcius.

Pare peneliti sukses melakukan proses write dan read 300KB data pada media yang terdiri dari nanostruktur dan leburan kuarsa, dengan memanfaatkan kekuatan lases femtosecond. Anggap saja ini merupakan versi memory kristal yang muncul dalam film lama “Superman”.

Laser femtosecond yang memancarkan cahaya dengan pulsa pendek dan powerfull dapat mengkodekan data pada tiga layer titik nanostrucure pada kaca, dengan jarak hanya lima mikrometer. Para peneliti mengklaim, laser femtosecond menulis data dalam lima dimensi, berdasarkan pada ukuran, orientasi dan posisi tiga dimensi nanostruktur.

Tim yang turut ambil bagian dalam menghasilkan terobosan media penyimpanan berasal dari Optoelectronics Research Center  universitas Southampton dan universitas teknologi Eindhoven. Pimpinan Tim dipegang oleh Jingyu Zhang.

Profesor Peter Kazansky dari Optoelectronics Research Center mengungkapkan, kita telah menciptakan dokumen pertama yang kemungkinan bisa bertahan sepanjang sejarah umat manusia. Teknologi ini dapat mengamankan bukti terakhir peradaban, agar semua yang telah didiketahui manusia tidak hilang.

Zhang dan timnya bahkan sedang mencari mitra untuk mengkomersilkan teknologi penyimpanan yang telah mereka kembangkan

Sumber : Bhineka

Add Comments

_ Tinggalkan kritik dan saran Anda, untuk kemajuan, kemudahan,
_ serta isi yang bermanfaat di blog ini,
_ dan mohon do'anya juga :)
_ Terima Kasih

_ Assalamu'alaikum

Ads 728x90